Blogger Template by Blogcrowds

Pemasaran


untuk mata pelajaran kewirausahaan SMK Tekno-SA
ditulis oleh : Isti RDM

Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Tiga unsur konsep pemasaran:

   1. Orientasi pada Konsumen
   2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
   3. Kepuasan Konsumen

A.    Merancang teknik menjual
Sebuah produk tidak akan dikenal jika tidak dipasarkan. Perlu seni atau cara tertentu dan tepat agar produk dapat dikenal secara maksimal oleh konsumen/masyarakat.
Faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam menentukan teknik menjual ?
1.       Perhatian (attention). Seorang penjual harus bersikap yang baik dan menghargai konsumennya jika ingin produk mereka laku dan mempunyai pelanggan setia
2.       Kepentingan (Interest). Bagaimana membuat seorang konsumen merasa berkepentingan terhadap produk Anda.
3.       Jika konsumen sudah merasa berkepentingan, langkah selanjutnya adalah membuatnya merasa membutuhkan produk tersebut dan membelinya, atau yang biasa disebut desire (keinginan)
4.       Dengan demikian, lebih mudah bagi konsumen untuk diajak melakukan transaksi atau membeli. Ini disebut action
5.       Pelayanan (service).  Memberikan pelayanan yang baik dimulai pada saat mengenalkan produk sampai dengan setelah konsumen membeli produk. Baiknya pelayanan secara berkesinambungan membuat konsumen merasa dihargai

B.    Menentukan teknik promosi
Ada beberapa pilihan untuk menentukan alat promosi, diantaranya: pemasangan iklan/spanduk/baliho, distribusi brosur, pelayanan, demonstrasi, dst.
Hal penting dalam menyusun alat promosi:
1.       Mendesain gambar, tulisan dan tata letak secara menarik
2.       Memilih kata-kata yang yang mudah dicerna dan atau membuat rasa keingintahuan masyarakat
3.       Menyampaikan informasi yang sebenarnya
Tujuan promosi :
1.       Mengenalkan produk
2.       Membujuk masyarakat untuk menyukai produk dan membelinya
3.       Menguatkan kualitas brand di mata konsumen
4.       Mengingatkan konsumen tentang produk dan manfaatnya
Teknik promosi :
1.       Advertensi, teknik promosi denganmelibatkan sponsor atau media iklan tertentu.
2.       Publicity, poduk yang dikenal baik oleh masyarakat lebih mudah mendekati konsumen
3.       Sales promotion, merupakan penyediaan fasilitas dan pelayanan serta display produk
4.       Penjualan langsung (Personal selling), teknik promosi dengan cara penjual mendekati langsung calon pembelinya.
Sumber : 
Dr. Suryana. 2001. Kewirausahaan
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk SMK Tekno-SA

0 comments:

Newer Post Older Post Home