Blogger Template by Blogcrowds

PELAYANAN PRIMA (Excellent services)


Pemasaran untuk mata pelajaran kewirausahaan SMK Tekno-SA 

Kepuasan pelanggan sangat menentukan kelanggengan pelanggan memilih dan mempertahankan suatu produk. Salah satu cara mendapatkan, meningkatkan dan mempertahankan konsumen adalah dengan menciptakan pelayanan prima (excellent service). 

Hal-hal yang bisa membuat pelayanan menjadi spesial yang diambil dari akronim SERVICE.
1.   Smile for everyone, senyum adalah simbol universal dari keramahtamahan.
2.   Eye contact that shows we care, kontak mata akan memperlihatkan ketulusan dan ketertarikan kita kepada pelanggan.
3.   Reaching out to everyone with hospitality, berinteraksi dengan keramahtamahan akan membantu mengembangkan repeat business.
4.   Viewing each customer as special, perlakukan setiap pelanggan sebagai tamu yang diundang ke rumah, sehingga pelanggan akan merasakan suatu nilai dari setiap rupiah yang dikeluarkannya.
5.   Inviting customer to return with a sincere, kata magis yang kita berikan akan mendorong pelanggan untuk kembali dan menyampaikan kepada orang-orang terdekat tentang keramahtamahan perusahaan.
6.   Creating a warm atmosphere of hospitality, kepedulian kepada pelanggan akan menimbulkan suasana yang hangat dan nayaman.
7.   Excellence in everything we do, mempertahankan sikap ini merupakan asset untuk mengembangkan sikap profesional.

Pelayanan prima memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan di antaranya :
1.   pelanggan mampu membedakan pelayanan perusahaan dengan kompetitor,
2.   meningkatkan produktivitas,
3.   menghargai loyalitas pelanggan,
4.   menciptakan promosi dari mulut ke mulut dan mengedepankan win-win solution dalam menangani semua masalah.  

Untuk menjaga kesinambungan budaya pelayanan prima diperlukan perhatian dari setiap individu terhadap :
1.   kemampuan berkomunikasi yang baik,
2.   memiliki kompetensi yang diperlukan,
3.   memberikan respon yang cepat,
4.   aksesibilitas yang mudah,
5.   integritas,
6.   konsistensi,
7.   sopan santun.

Sumber :
sariaman.arts blog's. brilliant-management.blogspot.com
Model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk SMK Tekno-SA
Suryana. 2001. Kewirausahaan

0 comments:

Newer Post Older Post Home