Blogger Template by Blogcrowds

Membangun visi dan misi usaha (1)


Bagaimana visi yang baik
Oleh Isti RDM
Untuk siswa grade X SMK Tekno-SA


Visi,
merupakan gambaran tujuan jangka panjang yang diharapkan akan memperjelas arah perjalanan masa depan seseorang atau suatu usaha.

Visi yang baik seharusnya :

  1. mampu mendorong seseorang untuk mewujudkan, artinya mempunyai daya tarik sehingga tidak ada keinginan untuk tidak berhenti berjuang mewujudkannya.
  2. realistis artinya ada kemungkinan untuk dicapai
  3. mempunyai daya antisipasi terhadap perubahan masa. karena visi merupakan tujuan jangka panjang maka seseorang perlu berpikir kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.


Mengapa sebuah perusahaan harus mempunyai visi?

  1. agar arah perusahaan lebih jelas
  2. mempermudah menyusun langkah-langkah untuk mengembangkan perusahaan
  3. memberikan semangat/motivasi pada awak perusahaan


Anda musisi baru dan tidak punya dana untuk rekaman di studio layaknya musisi profesional?
Barangkali www.sellaband.com bisa menjadi obat penawar Anda. Situs musik ini yang diluncurkan di Bochoit, Jerman oleh Johan Vosmeijer, Pim Betist dan Dagmar Heijmans pada bulan Agustus 2006. Situs ini telah membuat terobosan dalam industri musik. Di sini para fans Anda di seluruh dunia bisa ikut mendanai rekaman
Anda, sebaliknya jika Anda adalah fans musisi dalam sellaband, Anda pun bisa ikut mendanai proyeknya walaupun tidak kenal musisi tersebut.

Contoh di atas bisa menjadi gambaran sebuah perusahaan yang mempunyai visi yang jelas yaitu mempertemukan musisi dan fans (believers)nya dan membuat komunitas fans bukan saja sebagai pelanggan tapi juga menyebarluaskan musik yang dibuat dan melibatkan fans sejak awal proses "produksi" sehingga memiliki sense of ownership bukan sense of belonging.

Berikutnya, saya akan memberikan beberapa contoh perusahaan besar yang menancapkan visi dan misi untuk mengembangkan bisnisnya.
TELKOM
Visi :To become a leading InfoCom player in the region. Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi :Telkom mempunyai misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.
Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.
INDOSAT.
Visi: Menjadi perusahaan yang dominan dalam industri Consumer Broadband berbasis teknologi IP (Internet Protocol) dan layanan content serta multimedia di Indonesia.
Misi :
·         Memberikan hasil terbaik bagi para stakeholder (pemegang saham, pelanggan, dan karyawan)
·         Menyediakan layanan akses internet yang dapa diandalkan dan terjangkau untuk mendukung implementasi layanan Triple-Play di Indonesia
·         Mendukung pengembangan jalur informasi dan ilmu pengetahuan di Indonesia melalui penyediaan koneksi internet

SAMSUNG. Visi 2020 : Sebagaimana dinyatakan pada moto terbarunya, visi Samsung Electronic untuk dekade terkini adalah "Inspire the World, Create the Future."
Visi terbaru ini mencerminkan komitmen Samsung Electronic untuk menginspirasi masyarakat dengan memanfaatkan tiga kekuatan utama Samsung: "Teknologi Terbaru," "Produk Inovatif," "Solusi Kreatif." -- Dan untuk mempromosikan nilai baru bagi jaringan utama Samsung -- Industri, Mitra kerja dan Karyawan. Melalui upaya ini, Samsung berharap dapat berkontribusi untuk dunia yang lebih baik dan pengalaman yang lebih kaya bagi semua.

Entrepreneur seperti Jeff Bezos pendiri Amazon.com, Jerry Yang pendiri Yahoo!, Meg Whitman pendiri eBay, Steve Case pendiri America Online menjadi milyuner dalam waktu kurang dari 5 tahun. Apa yang menjadi faktor utama penentu kesuksesan itu? Mereka mempunyai 'visi kreatif'.

Jika ingin meraih kesempatan seperti mereka, coba temukan ‘visi kreatif’ Anda mulai sekarang!

0 comments:

Newer Post Older Post Home