Blogger Template by Blogcrowds

Kewirausahaan semester 4 SMK Tekno-SA

Soal-soal latihan

Pelajari, pikirkan dan pilihlah jawaban yang paling tepat.

Jangan pernah lupa berdoa sebelum mengerjakan!


1. Berikut ini yang tidak perlu dipertimbangkan dalam membuat media promosi adalah...

  1. tulisan dan gambar yang menarik
  2. kata-kata bombastis yang tidak sesuai kenyataan
  3. menggunakan bahasa yang mudah dipahami
  4. penampilan yang berkesan untuk masyarakat
  5. jawaban tidak ada yang benar

2. Perusahaan mengadakan promosi dengan tujuan kecuali …

  1. Mengenalkan produk perusahaan
  2. Menakut-nakuti competitor
  3. Membujuk konsumen untuk membeli
  4. Mempertahankan eksistensi perusahaan
  5. Memberikan informasi terbaru dari sebuah produk

3. Membuat promosi tidak dapat dilakukan secara sembarangan, dibutuhkan kreatifitas agar promosi dapat efektif mencapai sasaran yang diharapkan. Apakah yang dimaksud dengan kreatifitas?

  1. Melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain
  2. Memikirkan sesuatu untuk memberikan saran pada orang lain
  3. Memikirkan sesuatu yang disukai pesaing
  4. Memikirkan sesuatu yang berbeda
  5. Melakukan sesuatu yang berbeda

4. Kegiatan promosi disebut berhasil jika …

  1. Produsen mendapat keuntungan yang meningkat
  2. Masyarakat senang mendengarkan informasi produk
  3. Terdapat pembeli yang memilih produk lain
  4. Jawaban a dan b benar
  5. Jawaban b dan c benar

5. Ada tiga unsur konsep pemasaran, manakah jawaban di bawah ini yang paling tepat?

  1. Orientasi pada konsumen
  2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
  3. Kepuasan konsumen
  4. Keuntungan perusahaan
  5. Hanya jawaban d yang kurang tepat

6. Berikut ini yang bukan kegiatan promosi yang tepat adalah. …

  1. Penyebaran informasi produk yang tidak sesuai kenyataan
  2. Expo
  3. Pameran
  4. Penyebaran brosur ke masyarakat
  5. Memberikan potongan harga produk

7. Penetapan harga yang tepat merupakan salah satu kunci agar produk laku dijual. Apakah yang dimaksud dengan harga yang tepat?

  1. Harga yang menjangkau keuntungan perusahaan
  2. Harga yang dapat mengurangi mutu produk sehingga menjadi murah
  3. Harga yang sesuai dengankeinginan perusahaan
  4. harga yang terjangkau dan harga yang paling efisien bagi konsumen
  5. harga yang tidak dapat diubah dari waktu ke waktu

8. Factor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan harga adalah …

a. Biaya barang produk dan jasa

b. Permintaan dan penawaran pasar

c. Antisipasi volume penjualan produk dan jasa

d. Harga pesaing dan lokasi usaha

e. Factor psikologis konsumen dan perusahaan

9. Agar semakin menarik keinginan konsumen untuk membeli produk, diperlukan strategi pemberian harga menarik seperti di bawah ini kecuali …

a. Memberikan potongan harga jika konsumen membeli tunai

b. Memberikan diskon jika membeli dalam jumlah banyak

c. Memberikan tenggang waktu pelunasan pembayaran yang lama dan harga yang tinggi

d. Pembayaran secara kredit

e. Memberikan kupon pada setiap penjualan barang

10. Teknik penentuan harga yang biasa digunakan oleh pedagang kecil yaitu dengan cara mengamati kebijakan harga pesaing dan harga individual dengan meninjau periklanannya. Strategi ini disebut …

  1. follow the leader pricing
  2. skimming price
  3. strategi penetrasi harga
  4. Smile for everyone
  5. Konsistensi


Sudahkah Anda menjawab soal di atas? Jika sempat, berikan hasil kerja Anda pada guru pengampu untuk mendapatkan tambahan point. Lumayan kan..






Eit, tapi tunggu dulu, mungkin jawaban Anda belum bisa diterima jika jawaban Anda belum selesai hingga soal ke-25 :)

0 comments:

Newer Post Older Post Home