Blogger Template by Blogcrowds

Membangun visi dan misi usaha (2)


Bagaimana menyusun misi
Oleh Isti RDM
Untuk siswa grade X SMK Tekno-SA

Sebelumnya kita telah membahas bagaamana membuat visi yang tepat dan baik. Pada sesi ke-2 ini, pembahasan akan dilanjutkan pada visi perusahaan.

Visi perusahaan adalah hal penting.  VIsi perusahaan tidak bisa ditentukan asal-asalan, asal jadi dan asal ada atau sekedar untuk memenuhi syarat pendirian usaha. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan secara matang. Membangun atau menyusun visi perusahaan sebaiknya memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:
1.     apa yang dibutuhkan oleh pasar. Tujuan perusahaan adalah mendapatkan keuntungan seoptimal mungkin. Oleh karena itu, observasi pasar secara mendalam sangat diperlukan agar ada kesesuaian kebutuhan pasar dengan produk yang ditawarkan.
2.     pasar seperti apa yang menjadi sasaran (segmen pasar). Distribusi produk perusahaan harus disampaikan secara tepat pada sasaran yang dituju sehingga kesinambungan proses produksi terjaga.
3.     bagaimana cara memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat. Ini hal yang penting dan penjamin keberlangsungan hidup perusahaan. Sebaik apapun produknya, jika pelayanan yang diberikan kurang memadai, tidak menutup kemungkinan konsumen akan berpindah ke perusahaan lain.
4.     menyadari kemampuan yang dimiliki. Semakin mengetahui potensi yang dimiliki akan mempermudah perusahaan untuk menciptakan produk, melakukan modifikasi, menentukan jurus pemasaran yang tepat, dan sebagainya.


Misi
adalah strategi untuk merealisasikan visi yang telah dibuat. Misi juga menjadi jembatan bagi masyarakat pengguna informasi untuk mengenal karakter dan image seseorang/perusahaan.
Dengan memiliki misi yang jelas, seseorang/perusahaan berarti:
1.     mendekatkan diri dengan tujuan/harapan yang diinginkan
2.     memanfaatkan kemampuannya
3.     membuat penerangan arah jalan hidupnya
4.     menciptakan power sewaktu mengalami kelesuan dan mempertahankan semangat sewaktu di puncak kesuksesan.

Sewaktu seseorang/perusahaan menyadari telah melakukan aktifitas yang mengarah pada pencapaian misi maka serta merta akan merasa happy dan semakin menikmati hidup ber-misi.  Dengan misi yang jelas, godaan seperti harta/jabatan/fasilitas akan mudah diredam dan dihindari. Misi juga dapat dikatakan sebagai magnet yang menjaga agar kita 'stay on track'.


Apakah visi dan misi itu perlu?
Perlu , tidak perlu. :)

Agar hidup seseorang lebih terarah, perlu menetapkan tujuannya. Tujuan hidup yang jelas akan membantu seseorang untuk melakukan apa dan tidak melakukan apa. Langkah yang tepat akan memperbaiki sesuatu hal atau memutuskan tidak memilih yang mana. Terlebih, dengan visi dan misi, seseorang/perusahaan akan memperoleh motivasi hidup yang lebih baik untuk mengembangkan apa pun yang menjadi target hidupnya..

Dengan uraian tersebut diharapkan dapat mengartikan seberapa perlu dan penting menetapkan visi dan misi.


Sumber :
Hermawan Kartajaya. Sellaband: When musicians meet their 'believers'. Kompas
Eileen Rachman, Sylvina Savitri. Misi. Experd


Latihan 1.
  1. Sebutkan jargon beberapa perusahaan yang Anda kenal dan berikan persepsi Anda mengenai jargon tersebut.
  2. Buatlah jargon/motto yang sesuai dengan keinginan terbesar Anda.


Latihan 2
Jawablah pertanyaan berikut ini.
  1. Apakah Anda mempunyai visi?
  2. Untuk menentukan visi, cobalah menjawab pertanyaan ‘Perubahan apa yang Anda inginkan pada 10 tahun mendatang?’
  3. Jika, sebelumnya Anda telah menentukan jargon/motto, apakah jargon tersebut sesuai dengan visi Anda sekarang?
  4. Apakah visi tersebut mampu mendorong Anda untuk melakukan perubahan hidup?
  5. Bolehkah visi tersebut berubah?
  6. Apakah Anda ingin melakukan sesuatu yang mendukung visi Anda?
  7. Sekarang, terjemahkan visi Anda menjadi beberapa langkah yang mendorong ke arah keberhasilan visi.
  8. Apa target untuk setiap misi Anda?

0 comments:

Newer Post Older Post Home