PEMASARAN PRODUK PERANGKAT KERAS
3.18.
menyeleksi strategi pemasaran
4.18.
melakukan pemasaran
Teknik pemasaran online dan offline memungkinkan Anda menjangkau klien
di mana pun mereka berada. Jaringan offline tradisional telah menjadi bagian
penting dari industri layanan profesional selama beberapa waktu, tetapi
belakangan ini hubungan penting semakin sering ditempa melalui media sosial.
Ujung tombak dari sebuah perusahaan
adalah aspek pemasaran. Aspek pemasaran bertanggung jawab agar setiap produk dapat terjual, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik, perusahaan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.
A. Hakikat Pemasaran
Pemasaran adalah sistem pertukaran. American Marketing Association mendefinisikan pemasaran sebagai kegiatan dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan menukar produk
nilai di mata konsumen, klien, partner, dan masyarakat umum. Pemasaran dibuat untuk menjaga kepuasan konsumen. Dengan berfokus pada kegiatan konsumsi.
1. Aspek-Aspek yang Dikenalkan dalam
Pemasaran
Orientasi dasar pemasaran terletak pada pertanyaan apakah produk dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
Dengan orientasi dasar tersebut, orientasi dikelompokkan berikut ini
a. Orientasi
pada Produk
Produsen selalu menekankan pada kualitas produk. Dengan kata lain, selama produk yang dihasilkan tetap berada pada standar yang tinggi, konsumen akan membeli produk tersebut.
Pengenalan produk akan berhasil dengan maksimal jika produsen memiliki pandangan yang bagus tentang kebutuhan dan keinginan konsumen.
b. Orientasi
pada Penjualan
Produsen yang fokus pada pengenalan penjualan akan lebih mementingkan aspek penjualan daripada konsumen. Produsen tersebut akan lebih mementingkan promosi daripada produk yang, akan memenuhi kebutuhan konsumen. Jadi, produsen akan menjual barang yang sudah ada dan memberikannya promosi yang mewah agar konsumen mau membelinya dengan harga tinggi Pengenalan penjualan akan berhasil apabila produk yang dijual adalah produk yang memang laris di pasaran (permintaan tinggi).
c. Orientasi
pada Produksi
Produsen yang berorientasi pada orientasi produksi akan memproduksi suatu produk dalam jumlah yang besar. Orientasi produksi akan dijalankan apabila produsen benar- benar yakin bahwa produknya mampu menyerap banyak permintaan dari konsumen. Selain itu, produsen juga harus yakin bahwa selera konsumen tidak akan berubah-ubah dengan cepat.
d. Orientasi
pada Pemasaran
Orientasi pada pemasaran mungkin adalah orientasi yang paling sering digunakan di dalam pemasaran kontemporer. Pada dasarnya, orientasi pada pemasaran adalah mensuplai produk yang kemungkinan menjadi
kebutuhan konsumen.
e. Orientasi
pada Konsumen
Banyak produsen yang masih berdiri dengan menciptakan produk yang dapat dibeli dan dibutuhkan oleh konsumen. Dengan kata lain, mengikuti selera konsumen adalah kunci dalam orientasi terhadap konsumen.
f. Orientasi
pada Perusahaan
Dalam orientasi pada organisasi, bagian pemasaran dianggap sebagai bagian terpenting dalam perusahaan. Informasi dari bagian pemasaran akan digunakan sebagai panduan bagi bagian lain di dalam perusahaan.
g. Kerja Sama
yang Sama-Sama Menguntungkan
Pada transaksi pasar, perusahaan mendapatkan biaya kembali dan keuntungan sedangkan konsumen mendapatkan barang atau produk yang mereka inginkan, kepercayaan, dan
garansi atas produk dari produsen. Hal itulah yang dimaksud dengan kerja sama yang sama-sama menguntungkan.
Bacalah juga
https://harusmandiri.blogspot.com/2021/11/elemen-dalam-pemasaran.html
https://harusmandiri.blogspot.com/2021/11/promosi-dan-seni-menjual.html
sumber:
https://prototypevendo.blogspot.com/2019/11/pemasaran-produk-perangkat-keras.html
https://www.gosbiz.com/cara-membangun-komunikasi-yang-baik-dengan-konsumen/
https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-teknik-pemasaran-dan-jenisnya/
Labels: bisnis, isti, istiqomah, janganberbisnis, kewirausahaan, pemasaran, PKKwu, produk kreatif, tekno-sa
0 comments:
Post a Comment