Blogger Template by Blogcrowds

MEMBANGUN VISI DAN MISI USAHA

Membangun visi dan misi usaha


Visi,
merupakan gambaran tujuan jangka panjang yang diharapkan akan memperjelas arah perjalanan masa depan seseorang atau suatu usaha.

Visi yang baik seharusnya :
1. mampu mendorong seseorang untuk mewujudkan, artinya mempunyai daya tarik sehingga tidak ada keinginan untuk tidak berhenti berjuang mewujudkannya.
2. realistis artinya ada kemungkinan untuk dicapai
3. mempunyai daya antisipasi terhadap perubahan masa. karena visi merupakan tujuan jangka panjang maka seseorang perlu berpikir kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.

Mengapa sebuah perusahaan harus mempunyai visi?
1. agar arah perusahaan lebih jelas
2. mempermudah menyusun langkah-langkah untuk mengembangkan perusahaan
3. memberikan semangat/motivasi pada awak perusahaan

Anda musisi baru dan tidak punya dana untuk rekaman di studio layaknya musisi profesional?
Barangkali www.sellaband.com bisa menjadi obat penawar Anda. Situs musik ini yang diluncurkan di Bochoit, Jerman oleh Johan Vosmeijer, Pim Betist dan Dagmar Heijmans pada bulan Agustus 2006. Situs ini telah membuat terobosan dalam industri musik. Di sini para fans Anda di seluruh dunia bisa ikut mendanai rekaman Anda, sebaliknya jika Anda adalah fans musisi dalam sellaband, Anda pun bisa ikut mendanai proyeknya walaupun tidak kenal musisi tersebut.

Contoh di atas bisa menjadi gambaran sebuah perusahaan yang mempunyai visi yang jelas yaitu mempertemukan musisi dan fans (believers)nya dan membuat komunitas fans bukan saja sebagai pelanggan tapi juga menyebarluaskan musik yang dibuat dan melibatkan fans sejak awal proses "produksi" sehingga memiliki sense of ownership bukan sense of belonging.

Berikutnya, saya akan memberikan beberapa contoh perusahaan besar yang menancapkan visi dan misi untuk mengembangkan bisnisnya.
TELKOM
Visi :To become a leading InfoCom player in the region. Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi :Telkom mempunyai misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.
Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.
INDOSAT.
Visi: Menjadi perusahaan yang dominan dalam industri Consumer Broadband berbasis teknologi IP (Internet Protocol) dan layanan content serta multimedia di Indonesia.
Misi :
·         Memberikan hasil terbaik bagi para stakeholder (pemegang saham, pelanggan, dan karyawan)
·         Menyediakan layanan akses internet yang dapa diandalkan dan terjangkau untuk mendukung implementasi layanan Triple-Play di Indonesia
·         Mendukung pengembangan jalur informasi dan ilmu pengetahuan di Indonesia melalui penyediaan koneksi internet

SAMSUNG. Visi 2020 : Sebagaimana dinyatakan pada moto terbarunya, visi Samsung Electronic untuk dekade terkini adalah "Inspire the World, Create the Future."
Visi terbaru ini mencerminkan komitmen Samsung Electronic untuk menginspirasi masyarakat dengan memanfaatkan tiga kekuatan utama Samsung: "Teknologi Terbaru," "Produk Inovatif," "Solusi Kreatif." -- Dan untuk mempromosikan nilai baru bagi jaringan utama Samsung -- Industri, Mitra kerja dan Karyawan. Melalui upaya ini, Samsung berharap dapat berkontribusi untuk dunia yang lebih baik dan pengalaman yang lebih kaya bagi semua.

Entrepreneur seperti Jeff Bezos pendiri Amazon.com, Jerry Yang pendiri Yahoo!, Meg Whitman pendiri eBay, Steve Case pendiri America Online menjadi milyuner dalam waktu kurang dari 5 tahun. Apa yang menjadi faktor utama penentu kesuksesan itu? Mereka mempunyai 'visi kreatif'.

Jika ingin meraih kesempatan seperti mereka, coba temukan ‘visi kreatif’ Anda mulai sekarang!

Visi perusahaan adalah hal penting.  VIsi perusahaan tidak bisa ditentukan asal-asalan, asal jadi dan asal ada atau sekedar untuk memenuhi syarat pendirian usaha. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan secara matang. Membangun atau menyusun visi perusahaan sebaiknya memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:
1.     apa yang dibutuhkan oleh pasar. Tujuan perusahaan adalah mendapatkan keuntungan seoptimal mungkin. Oleh karena itu, observasi pasar secara mendalam sangat diperlukan agar ada kesesuaian kebutuhan pasar dengan produk yang ditawarkan.
2.     pasar seperti apa yang menjadi sasaran (segmen pasar). Distribusi produk perusahaan harus disampaikan secara tepat pada sasaran yang dituju sehingga kesinambungan proses produksi terjaga.
3.     bagaimana cara memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat. Ini hal yang penting dan penjamin keberlangsungan hidup perusahaan. Sebaik apapun produknya, jika pelayanan yang diberikan kurang memadai, tidak menutup kemungkinan konsumen akan berpindah ke perusahaan lain.
4.     menyadari kemampuan yang dimiliki. Semakin mengetahui potensi yang dimiliki akan mempermudah perusahaan untuk menciptakan produk, melakukan modifikasi, menentukan jurus pemasaran yang tepat, dan sebagainya.


MISI
adalah cara/strategi untuk merealisasikan visi yang telah dibuat. Misi juga dapat menjadi jembatan bagi masyarakat pengguna informasi untuk mengenal karakter dan image seseorang/perusahaan.
Dengan memiliki misi yang jelas, seseorang/perusahaan akan dapat:
1.     mendekatkan diri dengan tujuan/harapan yang diinginkan
2.     memanfaatkan kemampuannya
3.     membuat penerangan arah jalan hidupnya
4.     menciptakan power sewaktu mengalami kelesuan dan mempertahankan semangat sewaktu di puncak kesuksesan.

Sewaktu seseorang/perusahaan menyadari telah melakukan aktifitas yang mengarah pada pencapaian misi maka serta merta akan merasa happy dan semakin menikmati hidup ber-misi.  Misi yang jelas akan menghindarkan diri dari godaan seperti harta/jabatan/fasilitas. Misi juga dapat dikatakan sebagai magnet yang menjaga agar kita 'stay on track'.
Manfaat misi:
1.     terjaminnya kesatuan dan kebulatan tujuan perusahaan
2.     terjadinya dasar alokasi sumberdaya dan dana
3.     terfasilitasinya proses penerjemahan tujuan ke dalam struktur organisasi
4.     tersedianya dasar evaluasi kinerja perusahaan

Agar misi dapat tercapai, perusahaan perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:
1.     strukturalisasi
dalam membuat struktur organisasi sebaiknya yang sederhana agar tercipta rasa tanggung jawab dan otonomi pada setiap lapisan. Menurut Peter (1987), struktur organisasi dapat disederhanakan dengan cara:
a.     mengurangi secara drastic jumlah lapisan dalam manajemen
b.     menjaga agar staf lini tetap dalam jumlah terbatas
c.     menugaskan staf pendukung ke lapangan
d.     menetapkan ruang control yang luas
2.     memilih dan melatih karyawan
proses seleksi merupakan landasan bagi efisiensi operasional organisasi. Dengan mendapatkan karyawan tepat akan lebih mudah bagi perusahaan untuk meraih misi perusahaan
3.     memotivasi karyawan
Kunci pokok agar karyawan termotivasi adalah dengan memanfaatkan otoritas formal, peran keteladanan, membangun rasa percaya diri, mendelegasikan dan memberikan imbalan dan hukuman (reward and punishment).
Menurut Hackam dan Olgham (1976) ada 5 karakteristik pekerjaan inti yang mampu memunculkan motivasi karyawan, yaitu : otonomi, signifikasi tugas, ragam keahlian, identitas tugas, dan umpan balik
4.     membangun tim
Kemampuan membangun tim manajemen yang solid dapat dipakai sebagai garis bata antara pemimpin yang berhasil dan pemimpin yang gagal.
Menurut Rauzes & Posner (1987), strategi praktis pemimpin untuk menciptakan tim yang solid adalah:
a.     menciptakan suasana yang kooperatif
b.     memaksimalkan kerja tim
c.     menerapkan reward yang berbasis kelompok
5.     mendorong inovasi dan berani mengambil resiko
Pemimpin yang efektif dapat memprakarsai dan mendorong terjadinya perubahan dan inovasi dan dapat menyiapkan karyawan untuk menghadapi perubahan. Perubahan dapat terjadi dalam beberapa bentuk, diantaranya: prosuk, pasar, kualitas produk, dll.
Cara pemimpin untuk mendapatkan perubahan dan pembaharuan adalah:
a.     menciptakan visi dan misi yang strategis
b.     membangun system seleksi karyawan
c.     mengembangkan system sasaran baru
d.     mengubah system lama
e.     restrukturisasi organisasi

Komponen Misi
a.     Komponen pokok:
1.     spesifikasi kebutuhan konsumen. Hal ini harus bisa menjawab: produk utama apa yang dijual?
2.     Spesifikasi segmen pasar yang dituju. Hal ini harus bisa menjawab: Dimana perusahaan bersaing?
3.     Spesifikasi teknologi dan fungsi manajemen untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Hal ini harus bisa menjawab: teknologi apa yang digunakan?

b.     Komponen pelengkap:
1.     Komponen untuk bertahan hidup, pertumbuhan dan laba. Hal ini harus bisa menjawab: komitmen apa yang dianut untuk mencapai tujuan perusahaan?
2.     Konsep perusahaan. Hal ini harus bisa menjawab: apa yang menjadi kekuatan dan keunggulan perusahaan?
3.     Komitmen terhadap image masyarakat. Hal ini harus bisa menjawab: apa yang menjadi persepsi masyarakat terhadap perusahaan?
4.     Komitmen terhadap karyawan. Hal ini harus bisa menjawab: bagaimana perlakuan perusahaan terhadap karyawan?

Apakah visi dan misi itu perlu?

Agar hidup seseorang lebih terarah, perlu menetapkan tujuannya. Tujuan hidup yang jelas akan membantu seseorang untuk melakukan apa dan tidak melakukan apa. Langkah yang tepat akan memperbaiki sesuatu hal atau memutuskan tidak memilih yang mana. Terlebih, dengan visi dan misi, seseorang/perusahaan akan memperoleh motivasi hidup yang lebih baik untuk mengembangkan apa pun yang menjadi target hidupnya.
Dengan uraian tersebut diharapkan dapat mengartikan seberapa perlu dan penting menetapkan visi dan misi.


Sumber :
Hermawan Kartajaya. Sellaband: When musicians meet their 'believers'. Kompas
Eileen Rachman, Sylvina Savitri. Misi. Experd

0 comments:

Newer Post Older Post Home