Blogger Template by Blogcrowds

Membangun visi dan misi usaha (3)


MISI
Dibentuknya misi yang tepat dan terarah akan memberikan banyak manfaat pada perusahaan. Manfaat misi, diantaranya:
1. Menjamin kesatuan tujuan perusahaan
2. Mempermudah proses penterjemahan tujuan ke dalam struktur organisasi
3. Sebagai dasar alokasi sumber daya dan dana
4. Sebagai dasar pengembangan iklim organisasi dan motivasi kerja
5. Sebagai dasar identifikasi diri dan evaluasi bagi karyawan
6. Sebagai dasar evaluasi kinerja perusahaan
Agar misi dapat terbentuk secara tepat, yang perlu dilakukan adalah
1. Melibatkan semua pihak yang berkepentingan dengan perusahaan atau dengan kata lain perusahaan harus memikirkan dan mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan. Pihak-pihak yang berkepentingan antara lain: karyawan, pelanggan, relasi, akademisi, birokrasi
2. Menyesuaikan antara kegiatan produksi dengan sumberdaya yang ada agar kegiatan dapat berjalan baik dan efisien
3. Memperhatikan lingkungan baik secara internal maupun eksternal agar misi tidak bertentangan dengan lingkungan
Misi mempunyai komponen pokok dan pelengkap
Jika Anda tertarik silakan baca komponen misi

Hei... Jangan di - klik !!!

Kewirausahaan semester 4 SMK Tekno-SA




Sudah saya peringatkan, jangan di klik! Tuh ada pekerjaan lagi kan.. jadi malezzz n ga mood kan???


Latihan lagi.. latihan lagi !!...


1. Pelayanan prima memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan di antaranya berikut ini, kecuali

a. Meningkatkan biaya produksi perusahaan

b. pelanggan mampu membedakan pelayanan perusahaan dengan kompetitor,

c. meningkatkan produktivitas,

d. menghargai loyalitas pelanggan,

e. menciptakan promosi dari mulut ke mulut dan mengedepankan win-win solution dalam menangani semua masalah.

2. Hal-hal yang bisa membuat pelayanan menjadi berbeda adalah Smile for everyone, artinya

  1. memperlihatkan keramahtamahan pada konsumen/masyarakat
  2. menunjukkan sikap yang arogan pada konsumen
  3. memberikan pelayanan yang baik pada konsumen kelas kakap
  4. memberikan senyuman pada setiap orang yang lewat
  5. menganggap senyum adalah satu-satunya cara untuk menarik konsumen

3. Untuk menjaga kesinambungan budaya pelayanan prima, setiap individu di dalam perusahaan perlu menjaga komunikasi yang baik, misalnya dengan melakukan hal-hal di bawah ini, kecuali …

  1. Memberikan ucapan selamat di hari ulang tahun konsumen
  2. Memberikan informasi setiap kali ada perkembangan produk terbaru
  3. Mengajak konsumen untuk makan siang setiap hari
  4. Jawaban b dan c benar
  5. Jawaban a dan b benar

4. Pilihan di bawah ini merupakan jawaban yang paling tepat mengenai pengertian excellent service ialah

  1. Memberikan pelayanan yang baik pada konsumen jika membeli dalam jumlah banyak.
  2. Melayani konsumen dengan sopan santun dan ramah karena sudah memborong produk kita
  3. Menjaga hubungan baik dan profesionalisme terhadap konsumen agar mereka merasa dihargai dan nyaman.
  4. Memberikan bantuan jika konsumen sedang dalam kesusahan
  5. Mengajak rekreasi dengan konsumen

5. Salah satu pembuktian bahwa perusahaan memberikan respon yang cepat adalah …

  1. Konsumen mengeluh, perusahaan segera mendengarkan
  2. Perusahaan segera melakukan evaluasi dan perbaikan sewaktu konsumen memberikan kritik
  3. Menunggu konsumen benar-benar marah, setelah itu perusahaan akan memperbaiki diri
  4. Tidak perlu menanggapi kritik konsumen karena mereka hanya ingin menguji saja
  5. Dengarkan saja, setelah itu lupakan.

6. Modal yang berasal dari pihak lain di luar pemilik perusahaan disebut ….

  1. Modal sendiri
  2. Modal saya
  3. Modal kerjasama
  4. Modal pinjaman
  5. Modal pemberian

7. Kita telah mengenal banyak sumber modal pinjaman/kredit usaha seperti di bawah ini, kecuali…

  1. Tabungan milik sendiri
  2. Perusahaan pegadaian
  3. PT. Telkom
  4. Koperasi
  5. Saudara/ kerabat

8. Program CSR yang digawangi oleh perusahaan-perusahaan besar memberikan manfaat dan kemudahan bagi pengusaha mikro. CSR singkatan dari

  1. Corporate Sentral Responsif
  2. Care Save and Respect
  3. Corporate Social Responsibility
  4. Customer Save the Risk
  5. Corporate Save the Risk

9. Perbankan/ pemberi pinjaman akan melakukan analisa kelayakan terhadap 5C dari calon peminjam, kecuali ..

  1. Character
  2. Career
  3. Capacity
  4. Capital
  5. Collateral

10. Modal sendiri, adalah modal yang berasal dari pemilik perusahaan seperti ini kecuali …

  1. Saham pemilik
  2. simpanan/tabungan pemilik
  3. bangunan pemilik perusahaan
  4. surat hutang dari perbankan
  5. deposito pemilik

11. Berikut ini yang bukan syarat-syarat pengajuan kredit usaha di lembaga keuangan adalah …

  1. Fotokopi KTP
  2. Bukti pembayaran rekening
  3. Mengisi formulir pengajuan
  4. Bukti-bukti pendirian usaha
  5. Fotokopi photo keluarga

12. Dalam urusan pinjam-meminjam, dikenal istilah agunan, yaitu …

  1. Jaminan hari esok
  2. Jaminan dengan menyerahkan barang seisi rumah
  3. Jaminan yang menunjukkan besarnya nilai barang sebanding dengan pinjaman
  4. Jaminan untuk dipergunakan karyawan lembaga keuangan
  5. Jaminan untuk memperoleh pensiunan

13. Karakter calon debitur juga menjadi pertimbangan tersendiri karena …

  1. Perilaku seseorang di masa lampau dapat mengukur tingkat rasa tanggung jawabnya
  2. Karakter seseorang mencerminkan kemauan untuk melengkapai kewajibannya
  3. Rasa tanggung jawab seseorang dapat dilihat dari perilaku kesehariannya
  4. Jawaban a yang benar
  5. Jawaban a, b, c benar

14. Aspek keuangan perusahaan juga menjadi bahan yang harus dipertimbangkan sebleum pinjaman dicarikan pada debitur. Berikut ini yang tidak termasuk aspek keuangan adalah…

  1. Perhitungan biaya agar dapat dilihat usahanya menguntungkan atau tidak
  2. Analisa sumber permodalannya
  3. Lokasi perusahaan
  4. Jawaban b dan c benar
  5. Jawaban a dan b benar

15. Sumber permodalan ada yang berasal dari lembaga keuangan dan lembaga keuangan bukan bank. Di bawah ini contoh lembaga keuangan bukan bank adalah …

  1. Pegadaian
  2. BRI
  3. Telkomsel
  4. Jawaban a dan c benar
  5. Jawaban b benar

Nah, kalau sudah selesai menjawab dan Anda ingin menambah point, silakan berikan hasil kerja Anda pada guru pengampu.



















Setelah ini sepertinya masih ada beberapa pertanyaan lain yang bonus alias point-nya lebih tinggi. Masih mau nambah??

Ini pertanyaan buat yang senang dengan tantangan. Apakah Anda termasuk orang yang energik dan suka tantangan???

Modal pinjaman atau kredit


Sekarang, mari membahas lebih lanjut sumber permodalan yang patut menjadi pertimbangan.


Beberapa sumber modal pinjaman /kredit tersebut di antaranya:

a. Saudara, kerabat, keluarga. Ini mungkin salah satu sumber modal yang bisa memberikan syarat dan ketentuan yang lunak, dan patut dipertimbangkan pertama kali untuk menghimpun modal usaha.

b. Teman, sahabat, temannya teman, sohib, dll. Sumber ini juga patut diperhitungkan dan jadi prioritas awal, karena juga bisa menawarkan syarat dan ketentuan yang ringan.

c. Kartu Kredit. Kartu kredit bisa dimanfaatkan untuk tarik tunai dan dengan pengelolaan yang baik, bisa jadi sumber talangan dana.

d. Bank. Sumber pendanaan yang paling populer barangkali. Sudah ada pilihan mau bank konvensional atau bank syariah. Yang tidak mau ambil resiko bunga, bisa ke bank syariah dengan sistem semacam bagi hasil. Tapi sebagai peminjam kita harus memenuhi persyaratan yang lengkap sebelum bisa menarik dana dari bank. Pahami dan kenali betul-betul segala persyaratan dan konsekuensi dari peminjaman ke bank ini. Jangan terpaku hanya pada bank-bank besar ternama, manfaatkan bank-bank kecil yang mampu memberikan syarat yang lebih ringan.

e. Pegadaian. Pegadaian bisa mengatasi masalah modal dengan menggadaikan barang berharga milik anda dan anda masih tetap bisa memanfaatkan dan memiliki barang tersebut. Sekarang pegadaian sepertinya semakin fleksibel. Barang-barang yang tidak bisa diagunkan di bank, bisa diterima dengan mudah di pegadaian. Bisa mobil, motor, emas, perhiasan, dll yang tidak bisa dijadikan agunan di bank, bisa digadaikan. Bunga atau biaya gadainya pun relatif ringan jika memang digunakan untuk usaha yang produktif & profitable. Tentukan pilihan Anda: pegadaian konvensional dan pegadaian syariah.

f. CSR Perusahaan Besar. Perusahaan-perusahaan besar dan BUMN memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility) yaitu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dengan memberikan bantuan kepada usaha-usaha kecil agar bisa berkembang. Syarat dan ketentuan CSR memang berbeda-beda dan relatif lebih ringan dibanding pinjaman bank.

g. Supplier. Supplier sering ingin sekali barang cepat terjual. Kalau suplier tahu kita mampu menjual barang dengan bagus, tapi kita terhambat modal, asal disampaikan dengan baik, kemungkinan besar suplier akan bersedia membantu dalam bentuk pinjaman barang dagangan.

Berikut adalah informasi dari Bank Indonesia mengenai kebijakan dan prosedur pengajuan kredit.

a. Kebijakan Bank Indonesia

Sejak tanggal 4 Januari 2001, Bank Indonesia telah menyempurnakan ketentuan tentang Kredit Usaha Kecil (KUK) yakni melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 3/2/PBI/2001 tentang "Pemberian Kredit Usaha Kecil" antara lain meliputi :

(i) bank dianjurkan menyalurkan dananya melalui pemberian KUK,

(ii) bank wajib mencantumkan rencana pemberian KUK dalam Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT),

(iii) bank wajib melaporkan pelaksanaan pemberian KUK dalam Laporan Bulanan Umum,

(iv) bank wajib mengumumkan pencapaian pemberian KUK kepada masyarakat melalui Laporan Keuangan Publikasi,

(v) plafon KUK disesuaikan menjadi Rp 500 juta per nasabah,

(vi) bank yang menyalurkan KUK dapat meminta bantuan teknis dari Bank Indonesia, dan

(vii) pengenaan sanksi dan insentif dalam rangka pencapaian kewajiban KUK dihapuskan.





Pada posting berikutnya akan disajikan prosedur pengajuan kredit secara umum yang mengacu pada kebijakan Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia.

Newer Posts Older Posts Home